Pengenalan Dreamweaver MX 2004

Macromedia Dreamweaver merupakan sebuah HTML editor Profesional untuk mendesain secara visual dan mengelola situs web beserta halaman web. Pada Dreamweaver MX 2004 terdapat beberapa kemampuan bukan hany sebagai software untuk desain web saja tetapi juga untuk menyunting kode serta pembuatan aplikasi web dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman web base, antara lain PHP, JSP, ASP dan ColdFusion.


Dreamweaver merupakan software populer yang digunakan oleh web developer, dimana bisa digunakan untuk memodifikasi toolbar yang sudah ada atau menambahkan fungsi baru. Selain user interface baru, Dreamweaver MX 2004 memiliki kemampuan untuk menyunting kode dengan lebih baik. Dapat melakukan print kode pada jendela Code View, selain itu juga memiliki fasilitas Code Hints yang membantu dalam urusan tag, serta Tag Inspector yang sangat berguna dalam menangani Tag HTML. Dreamweaver MX 2004 memiliki panel baru, yaitu panel Snippets yang memberikan fasilitas untuk menyunting dan menyimpan blok kode yang sering digunakan. Kemampuan baru lainnya adalah fasilitas untuk menangani dokumen-dokumen baru seperti XHTML, Extension Manager ditingkatkan kemampuannya, kemampuan validasi dan debug di browser serta fasilitas untuk menangani aplikasi database yang sebelumnya hanya ada di Macromedia MX Ultradev. 


Memulai Dreamweaver MX 2004 


Buka Dreamweaver Mx 2004 dengan cara, Klik start à All Program à Macromedia à Pilih Macromedia Dreamweaver Mx 2004, Seperti gambar berikut.
Gambar 1. Membuka Dreamweaver

Maka berikutnya akan muncul tampilan dari Dreamweaver Mx 2004, ada banyak sekali opsi yang ada pada tampilan awal macromedia dreamweaver mx 2004, karena kita akan menggunakan bahasa pemograman html maka kita pilih Create New à HTML seperti gambar di bawah ini.
 
Gambar 2. Tampilan awal Macromedia Dreamweaver Mx
Gambar 2. Tampilan awal Macromedia Dreamweaver Mx
Berikut ini penjelasan untuk elemen-elemen workspace seperti telah tertera pada gambar. Document Window ( 4 ) adalah tempat di mana Anda dapat membuat halaman web secara visual, kode, atau keduanya. Insert panel ( 3 ) adalah tempat Anda dapat memasukan image, Flash movie, table, atau elemen lain. Insert panel ini serupa dengan menu Insert pada menu bar. Untuk memunculkan panel ini, klik Windows > Insert atau tekan Ctrl-F2. Property Inspector ( 5 ) berguna untuk melakukan pengeditan pada suatu elemen di Document Window. Document Toolbar ( 2 ) berguna untuk mengubah tampilan dari disign/visual view, code view, atau keduanya sekaligus. Selain itu juga untuk memberi titel pada dokumen, melihat tampilan di browser. Menu Bar merupakan kumpulan dari menu-menu untuk pengeditan pada Dreamweaver MX. 

Post a Comment

0 Comments