Teknik Pengalamatan Pada Jaringan



Sebelum kita membahas bagaimana teknik pengalamatan Jaringan, akan lebih baik jika kita mempelajari dahulu apa itu alamat jaringan ?

Pengertian Alamat Jaringan

Alamat Jaringan yang lebih dikenal dengan IP Address ( Internet Protocol Address ) adalah Alamat yang diberikan kepada setiap perangkat yang ingin berhubungan / terkoneksi antara satu dengan yang lain dengan menggunakan aturan yang telah di tentukan menurut standard IEEE.

Ip Address terdiri dari sederatan angka, angka yang digunakan adalah bilangan biner yaitu 
( angka 0 dan 1 ).Dimana angka tersebut akan membentuk sebuah IP Address. 
IP Address yang berkembang saat ini adalah Versi 4 (IPV4) dan Versi 6 (IPV6) dimana Versi 6 yang baru berkembang saat ini. IPV4 terdiri dari 32 bit  ( 32 angka biner ) yang terbagi menjadi 4 bagain ( oktet ) , yang dimasing-masing oktet terdiri dari 8 bit. Sedangkan IPV6 terdiri dari 128.

IP Address dibagi menjadi 3 jenis alamat, yaitu Network Address, Host Address dan Broadcast Address. Network Address adalah IP Address yang keseluruhan bit Host-ID nya adalah bernilai 0 , Broadcast Address adalah IP Address dengan keseluruhan bit Host-ID nya adalah bernilai 1, dan Host Address adalah IP Address valid atau IP Address yang dapat dikonfigurasi pada host maupun perangkat jaringan lainnya.

Disini tidak akan kita bahas bagaimana melakukan perhitungan IP Address, yang akan kita bahas teknik pengalamatannya. Mungkin pehitungan IP Address akan kita bahas pada pertemuan berikutnya.

Untuk dapat melakukan pengalamatan pada Jaringan, yang perlu diperhatikan hanya cara memberikan alamat pada perangkat jaringan tersebut, di antaranya sebagai berikut :
a. Setiap Interface yang berhadapan / bertemu langsung IP Addressnya harus 1 Network.
b. Gunakan IP Address sesuai dengan kebutuhan Client.
c. Agar lebih memudahkan manajemen, sebaiknya jangan gunakan IP dengan SPACE terlalu banyak.




Catatan :
Teknik Pengalamatan pada Jaringan akan berjalan sesuai dengan Logika, jika tidak sesuai dengan logika alias teknik asal-asalan maka IP Address tidak akan maksimal bahkan Jaringan tidak terkoneksi.



Post a Comment

0 Comments